SMARTMAPS: Inovasi Puzzle Edukatif Berbasis Teknologi, Budaya Lokal dan Ramah lingkungan. Karya siswa SMAN 1 KAWALI.
SMARTMAPS adalah karya inovatif siswa SMAN 1 Kawali
Kabupaten Ciamis yang tengah mencuri perhatian dalam ajang Festival Inovasi dan
Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2025. Kompetisi yang diadakan untuk
pelajar setingkat SLTA ini diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional di bidang kriya. Produk ini hadir
sebagai solusi edukatif yang menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR)
dengan pelestarian budaya lokal, khususnya budaya Jawa Barat.
Dibuat dari bahan limbah seperti kayu jati, plastik,
tekstil, dan kertas daur ulang, LUAR BIASA!!! SMARTMAPS juga mengusung semangat
ekonomi hijau. Tidak hanya sebagai alat permainan, produk ini menjadi media
pembelajaran interaktif yang membantu meningkatkan kognitif dan literasi budaya
anak-anak, terutama di daerah dengan keterbatasan akses pendidikan.
Produk ini dikembangkan oleh tim pelajar kreatif SMAN 1 Kawali, yaitu Gita Faridatun Nisa, dan Aurell Chantika Zahra. Mereka memadukan desain puzzle daerah dengan fitur AR yang dapat dipindai menggunakan gawai yang berisi animasi pengetahuan mengenai kebudayaan dalam bentuk animasi 3D.
Produk SmartMaps terdiri dari:
- Puzzle edukatif jawa barat berbasis AR (berbahan dasar limbah kayu jati dan dilapisi limbah plastik)
- Rute dan kartu jelajah (terbuat dari limbah kertas dan benih tanaman)
- Totebag dari limbah tekstil daur ulang bertinta kedelai
- Kemasan papercraft ramah lingkungan